January 29, 2013

Banjir Jakarta 17 Januari 2013 *Late Post*

Assalamualaikum...
Jumpa lagi...dengan Maissy disini.... *lagu jaman opoo iki*
Selamat siang semuanya.. Saya hadir kembali. Meskipun gada yang nyariin saya, tapi saya mau sok2an ada yang nyariin aja ah.. :)

Flashback bentar ya,,
Ke kondisi sekitar 2 minggu yang lalu.
Dimana kota yang sedang saya injak saat ini, yang juga Ibukota RI, diberikan cobaan berupa sebuah musibah.
Banjir.
Kondisi yang sangat bikin saya shock. Saya, sebelumnya belum pernah ngeliat banjir yang segitu hebohnya. Kemarin, tepat tanggal 17 Januari 2013, saya mengalami dan melihatnya dengan mata saya sendiri. Seolah tak percaya, saya meyakinkan bahwa saya berada di tengah2 cobaan yang diberikan sama Gusti Allah.

Bangun tidur, kondisi hujan di luar kosan deres banget. Pake petir dan gemludhuk yang gak brenti2. Ngeri sendiri dengernya. Ga jarang ngagetin juga. Sudah ngerasa males aja bangun dari kasur, dan berangkat kerja. Pikir saya, ah, berangkatnya kayaknya kudu nunggu terang ni. Ogah basah2an.

Siap berangkat kerja, ujan masi cukup deres. Lirik2an sama miss @enjiaja. "Nekat?" "Ya udah yuk". Dengan kondisi sudah siap tempur. Jaket tahan air, payung, celana di cincing. Istimewa lah dandanan saya saat itu. Bersiap menerjang banjir. Kondisinya, kali di samping kosan air mukanya sudah tinggi. Bismillah saja, pikir saya. Semoga ga makin naik.

Berangkatlah kami berdua. Nyampe jalan besar, pemandangannya kurang lebih seperti ini
Mulai curiga ada ada ini?? 
Curiga karena ga biasanya banyak motor yang puter balik. Jalan ke arah Jl. Andong penuh, macet, ga gerak. Arusnya dari arah 2 arah, padahal harusnya 1 arah. Wah..ada yang ga beres ni rupanya. Kita memutuskan lanjut. Bgitu lewat d dpan ms2 d dpinggir jalan, dengan lantang dia bilang "Banjir..banjir.. Ga bisa lewat!!". Saya? langsung lemes, pengen balik kosan. Tapi penasaran banjirnya kayak apa (soalnya blm di liat secara langsung).

Lagi2 ngelirik @enjiaja. "How? Lanjut?" "Cuss daah.. udah disini".
Begitu jalan, pemandangan kedua yang terlihat adalah ini

Ruas kanan jalan udah 'ngecembeng' se-pembatas jalan

Tet tereeett...
Pantesan janggal. Ruas jalan kanan kok sepi? Ternyata..itu yg terjadi. Udah kerendem dluan. *nangis*
Perjalanan dilanjut. Pemandangannya?? Ini..

Lajur efektif cuman 1

Miss @enjiaja
Sek sempet2e foto!!!
 
Ga peduli adlh slh satu sifat warga Jkt pada umumnya
Foto di atas ini menjelaskan bagaimana ga pedulinya pengguna jalan. Ya gitu itu kelakuannya. Genangan air cukup tinggi, tapi mereka2 yang ga mau tau, ga peduli sama pengguna jalan lain, ya malah memacu kendaraannya makin kenceng. Entahlah. Mungkin mereka ga pengen motornya basah kali ya.. Harapannya klo motornya di gas kenceng, airnya kan ke samping, ga bakal kena ke bagian motornya sebangsa busi dkk. Tapi apakah ga peduli klo di sekitar sana banyak pengguna jalan lain? Dan air yang ke samping tadi bakal kena ke sekitarnya. Pengguna jalan yang lain bisa basah kuyup, sedangkan dia yang penting bebas. Oh TUHAN, apakah mereka tidak kau berikan otak yang sanggup berpikir sejauh itu? 

Saya cuman bisa menghembus nafas panjang. Ketika sudah susah payah jalan di antara air yang menggenang setinggi betis, ngangkat kaki aja susah, lari ke jalan yang ga tergenang lebih susah lagi. Bisa di tabrakin kendaraan2 yang lewat. Saat itu pula, bapak2, bonceng 2 anaknya yg berseragam sekolah, melewati genangan air, dan MELAWAN ARAH, dan NGEBUT!!!!! Byuuurr... Saya? @enjiaja? Sukses basah kuyup! Celana saya basah. Fiuh... Cuman bisa teriak memaki karena reflek.. Astaghfirullah.

Berhasil mencapai kantor, dan ini pemandangannya. ISTIMEWA...

Begitu sampe kantor yang bebas banjir, naek ke atas dan melihat kondisi d luar kantor dari jendela ruang pojokan. Pemandangannya... MACET.. :(


ALLAH memberikan peringatan kepada kita. 
Untuk memperhatikan lingkungan. Lebih sayang bumi. Buminya udah mulai tidak sehat. 
ALLAH memberikan peringatan agar kita sadar kalo peristiwa kayak gini ya karena ulah kita sendiri.
ALLAH akan memberikan peringatan hanya untuk mengembalikan akal sehat. 
Sudah semestinya kita berbenah. 
Bukan masalah sistem kotanya. Bukan masalah siapa Gubernurnya. Bukan...
Masalahnya? Ada di masyarakatnya.. Ada di kita sendiri.. :)

Life is like a RAINBOW .melifart.

No comments:

Post a Comment