June 4, 2014

#kakakraisa 3 month old

Asslamualaikuumm...
Lagi2 long time no sambang2 blog.
Karena apa? Karena saya sedang menjalani masa2 indah bersama si pipi bakpao, Raisabella Fakhirah Alfita a.k.a #kakakraisa.

Berhubung gabisa tiap bulan update (lebih tepatnya nulisin blog), maka updatean tentang #kakakraisa akan di rapel 3 bulan sekali ajah. Itupun kalo ga lupa. Haha.

#kakakraisa, 3 bulan.
Bulan pertama yang saya habiskan di Malang, masih terasa ringan karena masih ada Ibuk-Bapak, dan Ayah-Mama (kadang juga ad oomnya klo lagi di rumah Mama) yang ngebantuin ngejaga, nggendong, nemenin #kakakraisa. Jadi kadang saya masih bisa keluar rumah, beli keperluan bayi lah, ke bank lah. Selama ditinggal si kakak ditinggalin ASIP d rumah. Bulan pertama si kakak alhamdulilah berkembang secara baik, berat badan normal, karena mimik ASInya kuat. Alhamdulillahnya saya diberikan rejeki ASI yang cukup untuk #kakakraisa. Meski gak melimpah ruah, tapi insyaallah cukup untuk kakak. Kadang aja masi sempet di pompa untuk stok ASIP. Alhamdulillahnya lagi rejekinya si kakak ni melimpah, dalam artian, banyak yang njenguk, banyak yang doain, dan banyak kadonya. Hahaha.. Jelas donk emaknya bersyukur. Setidaknya bisa spend money dikit laah.. *happyface*.

Di awal2 minggu, si kakak ini nangis kejer kalo waktunya mandi. Mungkin dingin kali ya, batinnya dia. Raisa juga pernah mengalami fase "gak mau ditaruh", jadi all of the day is gendong day (uopo ae..). Jadilah emaknya gendong si kakak, siapin bantal di kursi, lalu tidurlah emaknya sambil gendong Raisa, dan sambil duduk di pojokan kursi sampe pagi, sampe bangun2 Raisanya udah agak njomplang posisinya dari gendongan. Baru pz subuh diambil alih Uti-nya dan emaknya tidur lagi walo cuman bentar. Hihi.

Berhubung masi d kampung halaman, otomatis saya bagi waktu antara ada di rumah Uti-Kung-nya dan Umeh-Akas-nya Raisa. Walo banyak yang bantuin jaga Raisa, tapi tetep aja, AYAHNYA NUN JAUH DISANA. Yup! Hal ini sukses bikin saya mewek sampe mata bengkak sebengkak-bengkaknya. Ngenes, pemirsah! Bayangkan, saat udah malem, waktunya tidur, seorang emak tidur sama anaknya yang baru berusia beberapa minggu. Dan ketika malem dini hari, anaknya kebangun minta mimik, dan akhirnya si emak bangun buat nenenin si anak. Krik-krik-krik. Cuman ditemenin sama bunyi detak jam. Ga ada yang nemenin, bahkan wajah yang bisa dilihat yang bikin ati ayem karena merasa ada temennya aja ga ada. How ngenes it is? Sumpah, itu hal yang ngenes-able dalam sejarah kehidupan saya. *mulai lebay. Dan saat itulah saya (sepertinya) mengalami baby blues, walo syukurnya ga sampe menelantarkan #kakakraisa.

Masa2 sebelum selapan adalah masa2 Raisa gak saya pakein diapers. Kasian. Maka saya memilih pake popok kain bertali tuh. Dan jadilah saya setiap pagi selalu berkutat dengan cucian popok2 itu, selagi Raisa digendong Utinya. Lepas dari selapan Raisa saya mix, pagi sampe mandi sore pake Clodi, setelah mandi sore baru pake diapers. Tujuannya satu sih, biar hemat. Hahaha.

Masuk bulan kedua Raisa saya boyong ke kota dimana Ayahnya kerja. Karawang. Kota panas nan gersang namun membawa kebahagiaan tersendiri bagi saya. Awalnya si kakak rencananya ke Karawang abis lebaran. Nah, berhubung emaknya ga tahan jauh2an ama ayahnya, sebelum makin terjadi babyblues akut, maka diputuskan untuk balik Karawang pz si kakak mau 2 bulan. Perjalanan darat dengan kereta, ditemenin ayahnya, Yangkung dan Utinya. Raisa? Aman! Gak rewel. Alhamdulillah. Malah banyakan tidurnya. Emaknya yang gabisa tidur gara2 posisi yang ga pas bikin sakit badan. Sampe d Karawang pun aman tenteram. Perbedaan suhu Malang-Karawang alhamdulillah ga terlalu ngefek buat Raisa. Lagi2 Alhamdulillah. Di bulan kedua Raisa udah mulai suka ngoceh sambil teriak2. Bobot yang berkembang pesat dari bulan pertama, sampe2 emaknya boyoken kalo nggendong.

Di umur (kira2) 2,5 bulan, Raisa udah berusaha buat tengkurep. Seneng banget miring2, karena keberatan bemper (a.k.a pantat), kadang masi males2an. Dan juga belum terlalu kuat nyangga kepalanya. Jadi emak dan ayahnya kadang bantuin tengkurep, dan megangin kepalanya.

Masuk bulan ketiga, Raisa udah mulai bisa tengkurep sendiri, meski satu tangannya kadang masi suka ketindih badannya. Ditinggal noleh bentar aja kadang udah tengkurep. Kadang malah idungnya nyungsep duluan. Alhamdulillah udah kuat nyangga kepala, jadi kalo tengkurep, kepalanya ngangkatnya bukan 90 derajat lagi, tapi lebih. Sampe ndangak2. Sudah mulai bisa fokus ngeliatin satu benda. Sudah bisa ngenalin wajah ayah-bundanya. Sudah sadar kamera (helloo,, kamu umur brapa sih nak?). Sudah bisa ngoceh. Sudah bisa ketawa kalo di ajak becanda. Dan, satu yang terpenting, sudah bisa masukin tangan ke mulut. Sampe kadang kalo masukin jarinya terlalu dalem bisa sampe mau muntah. Hmm.. Raisa..Raisa.. Tapi, karena udah bisa "aware" akan sesuatu, kalo lagi nangis, buset daaah.. kuenceng banget. Sampe pernah pz maen ke Bekasi, lha kok Raisanya nuangis kejer, ga bisa ditenangin. Sampe bingung, takut disangka penculikan anak. Untungnya setelah pindah lokasi parkir, Raisa aman2 saja sampe selese ngemall. Fiuh..

Tidur siangnya udah ga sepanjang ketika dia masih umur sebulan-dua bulanan. Sejam itu udah sangat lama, dan itupun jarang. Karena dia udah mulai mengenal fase bermain. Jadi ditinggal bentar aja udah 'ngek'. Maka bundanya kalo mau ngapa2in balapan sama nangisnya si kakak. But semua masih bisa dilalui. Berat badan belum ditimbang lagi tapi kelihatan banget kalo tambah berat. Pipi luber, sampe hidung balapan ama pipinya. Haha.

Betapa bahagianya saya, menjadi seorang Ibu. Predikat yang ga bisa disepelekan. Menemani tumbuh kembangnya #kakakraisa itu membuat saya menjadi sangat menghargai sosok seorang Ibu. Ibu saya terutama. How hard a mother's job it was.

Sebagai full-time-mom, saya bersyukur. Bersyukur karena saya punya banyak waktu untuk #kakakraisa. Bersyukur karena saya bisa memberikan hak-nya #kakakraisa berupa ASI (dan berjuang untuk 3 bulan ke depan, syukur2 sampe 2 tahun). Bersyukur bisa menemani dan mengamati tumbuh kembangnya dengan mata kepala saya sendiri. Bersyukur rejeki dari Ayahnya untuk Raisa selalu ada saja. Bersyukur juga karena #kakakraisa sangat kooperatif bagi saya. Alhamdulillah..

Semoga #kakakraisa tumbuh sehat, segalanya yang terbaik akan Bunda berikan untuk Raisa. Bunda pun rela berkorban nyawa demi kamu nak. Ayah-Bunda akan selalu ada untuk Raisa. Ayah-Bunda akan berusaha menjadi penjagamu dengan sebaik-baiknya. Ayah-Bunda sayang Raisa.

Raisa si pipi tembem yang hobi tengkurep
Ayah (love) Raisa (love) Bunda
 
Selfie bersama #kakakraisa


Life is like a RAINBOW .melifart.

No comments:

Post a Comment