March 7, 2014

Week 37 lebih 3 hari : Kejadian Luar Biasa

Assalamualaikum...

Subhanallah walhamdulillah walaa ilaahaillallah Allahu Akbar.

Tak henti2nya berucap syukur kepada Allah SWT atas segala karuniaNya. Hingga sampai hari ini sudah diberi banyak nikmat, rejeki dan kasih sayang.

Baeklah.
Mari flashback ke beberapa hari kebelakang. Tepatnya tgl 21 Februari 2014. Pz hr itu adalah jadwal kontrol rutin jelang lahiran. Setelah sminggu sblmnya udh dikasi surat jalan yang tertanda untuk bidan jaga di RS yg saya rujuk untuk t4 saya melahirkan. Dan masih, tgl 25 adalah tenggat akhir bayi saya harus lahir. Entah dengan induksi atopun sectio. Saya? Sudah harap2 cemas, meski dokter bilang, "nanti saya bantu pake obat dulu". Yg artinya bakal dibantu induksi dulu. Sekilas di pikiran saya hanya terlintas, yg penting lahiran normal, induksi induksi deh, suakit suakit deh. Haha. Karena membayangkan operasi itu rasanya gimanaaa gitu. Blm d operasi aja udh brasa sengkring2 dluan. Suster yg bntu dr. S bilang, "km telpon'o suamimu, biar dokter yg ngmg lgsg". Bgitu d tlpn, sptinya tjdi intrograsi dr pihak suami saya. Yaaa..maklum, ayah-soon-to-be perlu memastikan gimana2nya sblm memutuskan untuk plg. Setelah sptiny tjdi kspakatan, akhirnya suami saya lgsg beli tiket plg untuk keesokan harinya.

Pulang dr kontrol, perasaan saya campur aduk. Ad perasaan takut luar biasa yang menyergap. Menurut apa yg sering saya baca bahwa melahirkan secara induksi itu sakitnya luar biasa. Mungkin krn rahim dan janin 'dipaksa' keluar. Membayangkan hal itu saja sebenarnya sudah membuat saya ciut nyali. Tapi, membayangkan sectio lebih menyeramkan lagi bagi saya. Dan saya cuma bisa ngajak ngobrol kakak-wanna-be, "bantu bunda nak..bantu bunda.... ayah besok pulang. Kalo kakak mau, pz ayah plg, kakak lahir ya, sblm tgl 25. Ya kak ya.. biar kakak gak sulit d dalem, bunda jg enak. Kakak pinter, bunda-ayah sayang kakak". Begitu terus.. sambil membayangkan hal2 positif, dan relaksasi biar ga stress. Doa yg dipanjatkan tiap solatpun sama. Memohon agar tetap bisa melahirkan secara normal, melahirkan ditemani suami, dan bisa memberikan ASIX k kakak-wanna-be. Begitupun ayah-soon-tobe. Berharap dengan harapan yg sama. Doa yang sama.

Esoknya, ayah-soon-to-be datang di Malang jam 3 sore. Menjelang maghrib, perut agak sakit. Saya anggap kyk sakit perut biasa, kyk mau k WC gitu. Dan acara malem itu adalah mau k kondangan. Ga mgkin g dtg soalnya sodara sendiri. Saya saat itu masih merasa kuat buat jalan. Kuat buat pergi kondangan. Sakitnya kdg2 dtg dan prgi, tp saya masih belum merasa there's something happen. Sante aja walo kdg2 sakit, ttp happy aja k kondangan. Soalnya kan ada ayah-soon-to-be. Jadi gmnpun ttp aja seneng. Toh sakitnya jg masi tolerable. Makan d kondanganpun masi enjoy. Makan di kenyang2in. Haha. *dasarnya laper.

Pz pulang pun masi fine2 saja. Sakit perutnya ttp ada, tapi ga diitungin per berapa waktu. Pokokny masi nyante abis lah sayanya. Mau tidur jg masi guyon2 sama si ayah. Bgitu terlelap, mendadak jm 12 itu saya mau pipis. Ke WC, sambil mendadak ngajak ngbrol kakak-wanna-be, "kakak mau lahir hari ini gak? Kalo iya, kasi tanda ya nak..". Waktu itu sakitnya udh mulai turun k bagian bawah perut. Tapi tetep, saya masi sante. Saya inget kata2 instruktur senam hamil saya.

"Kalo mau cepet bukaan, pz ngerasa kontraksi, ĴªŇбåñ malah dibuat tidur, tapi dibuat jalan aja. Jadi begitu kontraksi, kalo dibuat jalan, bayi akan lbh cpt turun"

Dengan prinsip itu, saya yg masi blm paham klo yg saya rasa drtd itu adalah kontraksi, sok2an aja, pokoknya kalo ini ntr sakit lg, saya mau pake jalan aja. Benar saja, bbrpa saat saya kmbali k kamar, sakit itu dtg lg. Saya bangun, dan jalan2 keliling kamar. Si ayah masih asik bubuk. Begitu sakitnya reda, saya duduk,tiduran lagi. Dan trnyata frekuensi sakitnya dr jm 12 mlm smp jam 2 itu setiap 15 menit sekali. Smp jm 3 udh mulai 10 menit sekali. Tapi saya lagi2 masih sante. Karena saya blm ad tanda flek. Patokan saya dr hasil baca2 klo mau lahiran ya flek itu. Pz pipis lg, blm ad tanda flek, trus ngajak ngmg kakak lagi. Balik k kamar, udh agak capek krn bolak-balik bangun n jalan2 muter kamar. Si ayah jg udh ikutan bangun, ngelus2 perut saya, ngajak ngmg kakak, bacain ayat2 al-qur'an. Jam 4 krg dikit, saya pgn rebahan krn agak sedikit capek. Bgitu ngrebahin badan miring, mndadak, "dhumm!!". Seprti ad yg meledak di bagian ms. V. Saya mulai curiga, ada apa ini? Begitu saya mencoba berdiri, mengalirlah cairan yg tidak dapat saya tahan. Dengan aliran yg semakin deras, saya bangunkan suami, ibu dan bapak. Kondisi mau adzan subuh, saya, suami dan bapak brkt k RS. Ibuk stay d rmh, krn ada yangti yg gbs dtggal sendiri. Bgitu sampe d RS, saya masih bisa lho jalan sndiri dr mobil k ruang brsalin.
☺ "̮ ЂoºoЂoºoЂoºo "̮.

Bgitu smp ruang brsalin, ad bidan jaga, yg trnyata temen dr suami saya. Healaaahh....hihi. disuruh pipis dulu. Ditanyain udah pup apa blm. Krn saya udh pup pz d rmh sblmnya, jd saya g dksi obat perangsang untuk pup. Pz naek ke rnjang brsalin, kata bidannya, ketubannya udah ijo. Saya si ga merhtiin pz d rmh. Dan saya blg k bidanny iya2 aja. Soalny udh mulai sibuk nahan sakit. Sama bidannya cek NST. Gatau gimana hasilny. Yg jelas mbak bidannya lgsg tlpn dr. S, laporan hasil NST. Bgiti d cek dalem, trnyata saya sudah bukaan 4! Subhanallah. Saya sudah mulai kesakitan luar biasa. Dan melihat wajah suami saya d hadapan saya, itu hal yg paling menyenangkan. Bahkan suami saya masi sempat2ny meledek "nafas bunda bau ih..". Hahaa..jelas donk yah. Brktnya aja cm modal ganti baju. Jam 5, dicek bukaan ternyata udah bukaan 6. Ya اَللّهُ, kakak, kamu pinter banget nak. Subhanallah lgi..sakit semakin menjadi, saya sprtinya hanya bisa meracau. Menahan sakit krn belum boleh ngeden! Itu sungguh sakit yg sangat luar biasa! Tiap sakit dtg saya cm bisa mengerang, mencoba sekuat tenaga ambil nafas panjang n mghmbuskannya (meski itu susah). Gak lama, dicek lagi sama bidan sudah bukaan 8! Subhanallah lagi.. saat itu dr. S blm smp jg. Saya smpt dgr bidan tlp dokter nanya posisi n laporan ttg saya. Dan ga lama, bidanny bilang mau dibantu buka jalan lahir biar cpt bukaan 10. Ah saya mah iya aja..biar kakak cpt kluar. Gatau gmn caranya, saya tiba2 sudah sangat ingin ngeden. Sampe teriak k bidan "susteeerr..udah boleh ngeden beluuumm" sambil terengah2. Begitu bidan bilang "yawes ayo belajar ngeden skrg". Smpt saya denger lg bidan yg lain tlpon dokter lg, ngabarin klo udh bukaan lengkap dan kyknya gbs nunggu lgi. Dan mgkin dokter jg udh ngasi lampu ijo buat bidan2 itu bantu saya lahiran, krn ga nututi lg nunggu dokter. Mulailah saya praktek hasil senam hamil saya.

Ngeden pertama failed!
Karena harusnya mulut tertutup rapat. Ga boleh ad udara yg keluar. Setelah belajar ngeden yg pertama itu, ngeden lagi lagi dan lagi. 5x ngeden, dan mendadak teriak karena merasakan ad bagian bawah sana yg entah disobek atau d gunting, menurut suami saya sih digunting. finally rasanya ad yg keluar dr bawah sana. Dan..dan..dan...sebuah tangisan pun pecah. Allahuakbar....

Tepat jam 6.20.
Raisabella Fakhirah Alfita.
Hadir di dunia dengan tangisan kencangnya. Membuat bundanya yg masih terengah2 meracau menyebut nama Allah dan menggenggam erat tangan suami tercintanya.
Saya berhasil, melahirkan anak pertama saya secara normal. Blm smpt liat anak saya krn lgsg dbawa k ruang bayi, dimandikan dan diadzani oleh ayahnya. Saya malah ngeliat dr. S, berdiri d sblh kiri. Yang keluar dari mulut saya secara spontan adalah "dokteeeerrr... gajadi tanggal 25...". Hahaha. Sek sempet2nya.

Masih sangat lelah, ad suster yg blg, kalo saya mau dibius. Kalo kerasa ngantuk, tidur aja. Bener aja, ga lama saya krasa ngantuk, ngefly dan berimajinasi. Seprtiny dr. S sdg melalukan penjahitan di bawah sana. Entah saya ngefly untuk brp lama. Yg jelas ktika saya mulai sadar, saya melihat suami saya ad d sblh saya. Sambil setengah sadar, saya bertanya k suami saya, "kakak mana?". Masi d ruang bayi katanya. Dan saya bertanya lagi "cewek a yah?". Iya, cewek, kata ayahnya. Нĭ°°~нĭ°°~нĭ ~°°нĭ~°°

Setelah bnr2 sadar, suster bantu saya ganti pakaian. Bantu duduk dan dibawakannyalah kakak di gendongan saya. Subhanallah... cantik sekaliiiii anakkuuu. Sungguh nikmat luar biasa yg Allah berikan. Ga lama mama dan ayah mertua dtg, saya disuapin madu dan makanan yg disediakan RS. Disusul ibuk dan bpk yg dtg. Ah, surga sekali rasanya ada mereka semua.

Sebuah rejeki dan nikmat yg tiada terhingga atas kejadian luar biasa tertanggal 23 Februari 2014 ini. Matursuwun Gusti...
Atas segalanya.
Alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment