August 16, 2011

-My Minor Thesis- abstract...



PENGARUH TOKO MODERN
TERHADAP TOKO USAHA KECIL SKALA LINGKUNGAN
(Studi Kasus : Minimarket Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Melita Iffah Artdianti, Fauzul Rizal Sutikno, Nindya Sari
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
Jalan MT. Haryono 167, Malang 65145, Indonesia
melita.artdianti@gmail.com

ABSTRAK
Pertumbuhan toko modern jenis minimarket di Indonesia belakangan ini telah berkembang hingga ke wilayah, termasuk Kota Malang. Jarak antara toko usaha kecil dan lokasi minimarket yang berada dalam satu jangkauan pelayanan juga akan sangat berpengaruh pada preferensi masyarakat dalam menemtukan tempat berbelanja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik minimarket dan karakteristik toko usaha kecil, mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat terhadap toko usaha kecil dan minimarket, dan mengetahui pengaruh dari keberadaan minimarket terhadap toko usaha kecil skala lingkungan berkaitan dengan jangkauan pelayanannya. Metode yang digunakan adalah IPA, crosstab, analisis pengaruh minimarket, dan overlay jangkauan pelayanan. Masing-masing fasilitas perdagangan, baik toko usaha kecil maupun minimarket memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan variabel-variabel yang dinilai oleh konsumen pengunjung. Terdapat perubahan kecenderungan pada preferensi pemilihan tujuan berbelanja sebelum dan sesudah berdirinya minimarket di kawasan Kecamatan Blimbing. Berdasarkan jangkauan pelayanan, dapat diketahui bahwa semakin besar jangkauan minimarket, maka akan semakin banyak toko yang terfriksi dengan jangkauan pelayanannya . Satu minimarket berdampak terhadap 4 toko usaha kecil, dengan rata-rata friksi sebesar 57.29%. Berdasarkan penelitian, semakin jauh toko usaha kecil terhadap minimarket, pengaruh yang ditimbulkan akan semakin kecil. Namun, semakin dekat toko usaha kecil dengan minimarket, maka pengaruh yang sangat besar terjadi pada jumlah konsumen yang datang setiap harinya.
Kata kunci : pengaruh, toko usaha kecil, minimarket,  jangkauan pelayanan

ABSTRACT
The growth of modern stores, especially minimarket type, recently has grown up not only in big cities but also in a town, such as Malang. Since the distance between traditional retail and the minimarket is in a same range of services, it will influence the community preferences in determining a place to shop. The purpose of this study is to investigate the characteristics of traditional retail and minimarket, public perception and preference towards them, and also to understand the effect of the minimarket existence to the traditional retail associated with a range of services. This study uses many method of research such as IPA, crosstab,modern retail’s impacts analysis, and service coverage overlay. Each trading facilities, both traditional and modern retail has their advantages and disadvantages based on the variables assessed by the consumer. There is a changes of trend in shopping destination selection preferences before and after the expansion of minimarket in the region Blimbing District. Based on the range of services, it is known that the greater service range of minimarket, it will effect to the much more traditional retail that is influence by the range of services. One of minimarket in the region Blimbing District has affected to the four traditional stores surrounding them, with an average of 57.29% friction. Based on the result from this research, when the traditional retail is far from minimarket, the effect is become smaller. But, when the traditional retail is near from minimarket, the biggest effect is on consumer who come in every each day.
                Key words: impact, traditional retail, minimarket, range of services




Hasil kerja keras selama hampir 2 semester. Hehe... Cukup lama memang. Tapi inilah hasilnya. Skripsi dgn tebal 154 halaman. 


Jika ada yang bertanya2 mengenai materi ini, selama saya bisa bantu jawab, akan dibantu sebisanya. Bisa lewat komentar, bisa add di FB ato YM (sebelumnya bilang di kolom comment dlu klo mw add). 


Sharing knowledge is awesome. :)


Life is like a RAINBOW
.melifart. 

2 comments:

  1. Perkenalkan, nama saya Bayu, mahasiswa S2 Program Ekonomi Pertanian UB, saat ini sedang mengerjakan penelitian tentang Dampak Ekonomi Minimarket terhadap Pedagang tradisional di Kota Malang.
    Berkenankah kiranya Anda berbagi informasi tentang thesis Anda tersebut?

    Thanks.

    Oya saya Add di FB, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirimkan jurnal ke alamat email anda.
      Mungkin bisa dijadikan bahan untuk masukan.

      Delete