February 19, 2017

Super mumet dengan nhw #4.

Assalamualaikum.
Hari ini hari terakhir ngumpulin deadline nhw #4. Dan saya baru ngerjain. Udah mulai kendor semangatnya. Ditambah kerjaan yg ga kelar2. Makin molor ngerjain nhwnya.

Tema minggu ke 4 adalah.

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

A. Flashback ke NHW#1. About something that I choose to concern. Saya memilih untuk memilih jurusan ilmu untuk bagaimana agar disayang orang2 d lingkaran kehidupan. Dimana lingkaran kehidupan terdekat saya adalah keluarga, sekolah (anak didik) dan lingkungan. Dan insyaallah saya masih tetap memilih jurusan itu.

B. Now, flashback to NHW #2. Ada apa disana? Ada checklist2 di tiap tahapan. Sudahkah saya melaksanakannya? Sudah. Konsisten gak? Hmmm.. enggak. 😭 mungkin lbh tepatnya belum. Masih terus berusaha. Semoga ttp bs istiqomah.. hiks. Sedih rasanya belum bs memenuhi planning yg dibuat sendiri.

C. Time to flashback NHW #3. Dan inilah point paling susye. Semua jadi terlihat susah, huhu.. Jadi apa kira2 tujuan Allah menciptakan saya?? Jeduaarrr.. saya pun sulit menjelaskannya. Saya juga masih bertanya2 apakah saya bermanfaat bagi orang di lingkaran kehidupan saya? Sungguh.. berat pertanyaan ini saya jawab. Saya mencoba sebisa mungkin memberikan manfaat sebanyak2nya bagi orang d lingkaran kehidupan saya.

Misi hidup :
1. Memberikan manfaat bagi suami, sebagai penyelaras hidup. Bersinergi untuk membesarkan anak2 kami sebagai orang tua, teman, penasihat dan partner. 
2. Memberikan manfaat bagi anak. Sebagai agen perubahan. Mendewasakan anak dengan landasan Islami yang selaras dengan kehidupan dan seimbang dengan tuntutan jaman.
3. Memberikan manfaat bagi anak didik saya. Sebagai guru, pemberi ilmu yang bermanfaat bagi mereka. Mengajarkan ilmu tahap dasar yang bisa bermanfaat untuk kehidupan mereka. Memberikan ilmu etika dan sopan santun.
4. Memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Mencoba untuk berbagi ilmu2 yang saya punya agar bisa sama2 memberi dan menerima ilmu. Agar bisa sama2 berbenah ke arah yg lbh baik.

Bidang : ilmu menjadi multitalenta
Peran : sebagai guru dan murid

D. Ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Bunda Sayang : ilmu yang berkaitan dengan cara mendidik anak dengan cara pembiasaan. Bagaimana mendidik anak pada era masa kini. Sehingga sebagai orang tua, bisa aware dengan perubahan jaman. Berbekal ilmu Al-Quran, agar selalu berada dalam lindungan Allah Sang Maha Pencipta.
2. Bunda Cekatan : Ilmu yang berkaitan dengan bagaimana membangun rumah tangga yang tangguh, solid dan berilmu.
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar pengembangan bakat, untuk bisa menjadi penunjang finansial dalam keluarga. Dalam hal ini adalah ilmu pengembangan bakat menjahit, menjadi guru les privat sehingga bisa menghasilkan uang.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang segala hal yang diketahui untuk diberitahukan kepada tetangga2. Sehingga ilmu lebih barokah. misalnya saja ilmu menggunakan barang bekas yang bisa digunakan kembali

D. Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) :
Saya harus mengaplikasikan ilmu2 parenting kepada anak saya, dan membuat suami saya terlibat penuh dalam pengasuhan anak.
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) :
Saya harus selalu mengetahui apa yang sukai dan tidak disukai oleh suami saya. Dalam hal apapun. Begitu pula dengan anak saya. Saya harus menjadi yang pertama mengetahui apa bakat anak saya. Saya harus bisa mengetahui kapan anak saya merasa nyaman atau tidak.
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : saya harus menghasilkan beberapa karya menjahit baik itu untuk dipakai sndiri atau bisa dijual kepada orang lain.
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : saya bisa menyampaikan ilmu mengenai reuse and recycle barang2 yang sudah tdk terpakai kepada teman2  dlingkungan rumah.

Sekian
Saya mumet. Hihi

Dikerjakan.untuk memenuhi NHW #4

No comments:

Post a Comment